WHAT'S NEW?
Loading...

Perbedaan Acara Lawakan Dulu Dan Sekarang

Menilik pertelevisian Indonesia yg semakin carut marut. kali ini saya akan bahas fokus tentang acara lawak. seperti yg kita ketahui acara lawakan sekarang kebanyakan kurang berbobot, beda sama acara lawakan dulu. Disini saya mau mencoba membandingkan acara lawakan dulu dan sekarang.


Pelawak Dulu Punya Ciri Khas

Ini yang sangat kentara perbedaanya, seperti yg kita tahu sendiri pelawak-pelawak dulu memiliki ciri khas. Entah itu dari Penampilan, Gimik, Gaya ataupun Cara berbicara. Sebut saja Jojon yg memiliki ciri khas kumis serta pakaian dgn celana setengah tiang, Ada lagi Gogon dgn rambut Mohaknya serta gaya tanganya ketika dilipat, ada lagi Hj Bolot dgn budegnya yg bikin kesal trus Komeng dgn suaranya, pokokny Lucu Uhuuiiii. Masih banyak lagi Pelawak-pelawak dulu yg miliki ciri khas. Nah bandingkan dgn sekarang, tak ada satupun ciri khas para komedian/pelawak. Kalaupun mereka punya ciri khas itu ciri khasnya sama-sama Alay.


Acara Lawak Dulu Membawa Budaya

Anda masih ingat dengan Acara lawak Ria Jenaka (TVRI), Ketoprak Humor, Lenong bocah, Asep Show. Acara tersebut selalu membawa kebudayaan Indonesia. Entah itu dari segi cerita, Kostum dll. Seperti Ketoprak Humor yg selalu membawa budaya Jawa, atau Lenong Bocah yg menampilkan Budaya Betawi. Tidak hanya itu para Pelawak zaman dulu jg selalu membawa Logat asal daerah mereka menandakan kalau mereka berasal dari sana. Seperti Kadir dengan Logat Madura, Parto dengan Logat Tegal, Malih Tong-tong dgn Logat Betawi dan masih banyak Lagi. Sekarang Gak ada yg punya logat, mereka pakek bahasa gaul semua.


Lawakan Yang Fresh Dan Menghibur

Coba kita perhatikan apa yg ditonjolkan lawakan-lawakan Sekarang? kebanyakan cuma masalah Pribadi mereka yg dijadikan olok-olokan. Lagi dan lagi kita bandingkan dgn lawakan dulu, lawakan dulu terbilang Fresh, beda acara beda pula lawakanya. Para pelawak memiliki kreatifitas yg tinggi dalam melawak. Terkadang cerita lawakan di selipkan kritik sosial, jadi penonton tidak hanya tertawa tapi jg dapat mengambil pesan moral nya.


Penonton Dulu Ketawanya Asli

Maksudny ketawa asli gimana? Maksudny penonton dulu gak ada yg bayaran seperti skrg. Penonton sekarang kebanyakan ya paling ngomong "Cie...cie...ciee" Kalau gak ya teriak teriak Karna ada yg Komandoin (Crew TV). Nah kalau penonton dulu kita tahu sendiri mereka ketawa karna lawakanya emang Lucu dan mengocok perut.

0 comments:

Posting Komentar